Beranda | Artikel
Membaca Surah An-Nas Sebelum Tidur
Selasa, 23 Agustus 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Membaca Surah An-Nas Sebelum Tidur merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 24 Muharram 1444 H / 22 Agustus 2022 M.

Kajian Tentang Membaca Surah An-Nas Sebelum Tidur

Membaca surah An-Nas sebanyak tiga kali. Nomor urut surah ini dalam mushaf Al-Qur’an adalah nomor 114. Terletak di juz 30. Jumlah ayatnya sebanyak 6 ayat.

Dalil Landasan

Aisyah Radhiyallahu ‘Anha menuturkan,

“أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ جَمَعَ كَفَّيْهِ ثُمَّ نَفَثَ فِيهِمَا فَقَرَأَ فِيهِمَا “قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ” وَ “قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ” وَ “قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ” ثُمَّ يَمْسَحُ بِهِمَا مَا اسْتَطَاعَ مِنْ جَسَدِهِ، يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلِكَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ”.

Setiap malam jika Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam saat akan tidur, beliau menggabungkan kedua telapak tangannya. Kemudian meniupkan nafas dari mulutnya dengan sedikit air ludah. Lalu membaca, “Qul huwallahu ahad” (Surah Al-Ikhlas), “Qul a’ûdzubirabbil falaq” (Surah Al-Falaq) dan “Qul a’udzubirabbin nas” (Surah An-Nas). Kemudian mengusapkan kedua tangannya semampunya (yang bisa dijangkau) ke seluruh bagian tubuh. Dimulai dari kepala, wajah dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukan hal itu tiga kali.” (HR. Bukhari)

Inilah salah satu surah yang dianjurkan untuk dibaca sebelum tidur. Dan dengan berakhirnya surah-surah ini, maka berakhir pula bacaan-bacaan yang dianjurkan untuk dibaca dari surah-surah Al-Qur’an sebelum tidur.

Kandungan surah An-Nas ini sangat luar biasa. Sehingga sering disebut dengan istilah al-mu’awwidzataini (dua bacaan perlindungan). Karena memang surah ini kalau dibaca akan melindungi orang yang membacanya.

Kalau kita perhatikan ayatnya:

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ‎﴿١﴾‏ مَلِكِ النَّاسِ ‎﴿٢﴾‏ إِلَٰهِ النَّاسِ ‎﴿٣﴾

“Katakanlah: ‘Aku memohon perlindungan kepada Rabb manusia, Raja manusia, Sesembahan manusia`” (QS. An-Nas[114]: 1-3)

Kita mengawali permintaan kepada Allah dengan menyebutkan tiga nama Allah ‘Azza wa Jalla. Sengaja disebutkan tiga nama sekaligus untuk menggambarkan kepada kita bahwa kejahatan yang akan disebutkan sesudah ini adalah kejahatan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena kita meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan menyebutkan tiga namaNya sekaligus.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajiannya. Download juga mp3 bacaan dzikir pagi dan petang.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52046-membaca-surah-an-nas-sebelum-tidur/